Rabu, 06 Februari 2013

*Tugas


OLIMPIADE LONDON 2012

          Olimpiade Musim Panas 2012 , secara resmi bernama Games Of The XXX Olimpyad atau Olimpiade London 2012. Dilaksanakan di London, Inggris, Britania Raya mulai tanggal 27 juli 2012 sampai 12 agustus 2012. London akan menjadi kota pertama yang secara resmi mengadakan Olimpiade modern selama 3 kali , setelah tahun 1908 dan 1948.
            London terpilih sebagai kota penyelenggara pada tanggal 06 juli 2005 pada pertemuan IOC ke-117 di Singapura, mengalahkan Moskwa, New York City, Madrid dan Paris setelah empat putaran pemungutan suara. Pengundian London ini di pimpin oleh mantan juara Olimpiade Sebastian Coe.
            Olimpiade ini mendorong dilaksanakan nya pembangunan ulang beberapa daerah di London tempat diadakan nya pertandingan dengan tema keberlanjutan lingkungan. Meski pertimbangan anggaran menuai sejumlah kritik, Olimpiade ini akan memanfaatkan gelanggang olahraga yang sudah dibangun sebelum undian, termasuk Wembley Stadium, Wembley Arena, Wimbledon All England Club, Lord’s Cricket Ground, The O2 Arena, Earls Court Exhibition Centre, Weymounth And Portland National Sailing Academy dan Excel Centre.
Proses Pengundian
          Setelah batas waktu pencalonan pada tanggal 15 juli 2003, sembilan kota telah mencalonkan diri untuk mengadakan Olimpiade 2012. Kota kota tersebut adalah Havana, Istanbul, Leipzig, London, Madrid, Moskwa, New York City, Paris dan Rio de Janeiro.
            Pada 18 Mei 2004, Komite Olimpiade Internasional (OIC), sebagai hasil penelitian teknis, mengurangi jumlah kota kandidat menjadi 5 : London, Madrid, Moskwa, New York City dan Paris.
            Pada 19 November 2004, kelima kota kandidat telah mengirimkan berkas pencalonan mereka kepada Komite Olimpiade Nasional. Tim penillai OIC mengunjungi lima kota kandidat pada Februari dan Maret 2005. Pencalonan Paris mengalami 2 hambatan, selama kunjungan inspeksi OIC : serangkaian kerusuhan dan demonstrasi yang bersamaan dengan kunjungan OIC dan laporan bahwa Guy Drut, salah seorang anggota penting tim pencalonan Paris dan anggota OIC, akan diadili atas tuduhan korupsi keuangan partai politik.
            Pada 6 Juni 2005, IOC merilis laporan penilaian kelima kota kandidat tersebut. Meski laporan tersebut tidak berisikan skor atau peringkat apapun, laporan penilaian untuk Paris dianggap yang paling positif, diikuti London yang mempersempit celah pada penilaian awal tahun 2004 terhadap Paris. New York danMadrid juga memperoleh laporan penilaian yang sangat positif.
            Sepanjang proses hingga pemungutan suara pada Pertemuan IOC ke-117, Paris sangat diharapkan memenangkan nominasi ini, terutama karena pencalonannya yang ketiga dalam Olimpiade sejarah modern. Awalnya, London nampak tertinggal dari Paris dengan selisih yang wajar, namun selisih ini makin tipis setelah penujukan Sebastian Coe sebagai kepala London 2012 yang baru pada 19 Mei 2004, sejumlah laporan bermunculan yang memprediksikan bahwa London dan Paris seri pada pencalonan 2012.

            Selama Olimpiade berlangsung, Michael Phelps berhasil mencatatkan diri sebagai atlet Olimpiade yang paling sukses sepanjang masa dengan meraih medali emas kesembilan belasnya. Britania Raya juga tercatat meraih penghitungan tertinggi atas perolehan medali emas sejak tahun 1908. Arab Saudi, Qatar dan Bruneimenyertakan atlet wanita dalam kontingen mereka untuk pertama kalinya, dan cabang tinju perempuan juga disertakan dalam olahraga Olimpiade.
Pada akhir perayaan, Amerika Serikat tampil sebagai juara umum dengan perolehan 46 medali emas, dan 104 secara total, diikuti oleh RRC (38 emas, 87 total) danBritania Raya di posisi ketiga (29 emas, 65 total). Dari 204 negara yang berpartisipasi, tercatat hanya 85 negara yang sekurang-kurangnya mendapatkan satu medali.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar